Home

Turki - Pulau Patmos - Pulau Santorini - Yunani

Turki

(bahasa Turki: Türkiye Cumhuriyeti) disebut Türkiye (bahasa Turki: Türkiye) adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan daerah Balkan di Eropa Tenggara. Turki berbatasan dengan Laut Hitam di sebelah utara; Bulgaria di sebelah barat laut; Yunani dan Laut Aegea di sebelah barat; Georgia di timur laut; Armenia, Azerbaijan, dan Iran di sebelah timur; dan Irak dan Suriah di tenggara; dan Laut Mediterania di sebelah selatan. Laut Marmara yang merupakan bagian dari Turki digunakan untuk menandai batas wilayah Eropa dan Asia, sehingga Turki dikenal sebagai negara transkontinental.

Ibu kotanya berada di Ankara namun kota terpenting dan terbesar adalah Istanbul. Kawasan yang terdiri dari Turki modern telah menyaksikan kelahiran peradaban-peradaban utama, termasuk Kekaisaran Bizantium dan Kekhalifahan Turki Utsmani. Disebabkan oleh lokasinya yang strategis di persilangan dua benua, budaya Turki merupakan campuran budaya Timur dan Barat yang unik yang sering diperkenalkan sebagai jembatan antara dua buah peradaban. Dengan adanya kawasan yang kuat dari Adriatik ke Tiongkok dalam jalur tanah di antara Rusia dan India, Turki telah memperoleh kepentingan strategis yang semakin tumbuh. 98 % dari populasi Masyarakat Turki adalah Muslim , Kristen jelas agama minoritas di Turki . Karena itu Turki adalah Negara Sekuler, satu-satunya muslim negara di dunia yang tidak memiliki agama negara, UUD menjamin kebebasan beragama, dan toleransi adalah aturan. Populasi meliputi anggota Armenia dan Ortodoks Yunani Apostolik Gereja , Romawi dan Timur Katolik, dan Yahudi . Hari ini, sekitar 120.000 orang Kristen dan 26.000 orang Yahudi tinggal di Turki , dari 73 juta dari total populasi.

Setelah penyaliban Yesus Kristus, banyak orang Kristen awal, melarikan diri dari penganiayaan di Yerusalem, datang ke Asia Kecil dan menetap di berbagai kota Efesus , Hierapolis dan Cappadocia . Rasul Paulus berkhotbah di Perge , Derbe, Listra, Psidian Antiokhia , Efesus dan Konya . Rasul John tinggal lebih lama di Efesus bersama dengan Maria (Ibu Yesus) dan, setelah itu kembali dari Pulau Patmos di mana ia dibuang, meninggal di Efesus . Rasul Petrus menetap di Antiokhia dan membangun gereja Kristen pertama diukir dalam gua. Philip menetap di Hierapolis tetapi terbunuh bersama keluarganya oleh Roma .

Kristen dinyatakan sebagai agama resmi di 380, selama pemerintahan Theodosius I , dan penghancuran kuil-kuil kafir disahkan. Secara bertahap, Kristen di Turki hancur, sehingga ketika Islam Utsmani akhirnya menaklukkan Kekaisaran Bizantium , hal itu tak terelakkan bahwa apa yang telah menjadi wilayah dominan Kristen akan ada lagi. Fakta lain yang penting bagi orang Kristen adalah bahwa pertama Konsili Ekumenis dibuat di Nicea (Iznik hari ini) di Daerah Marmara dari Turki , antara Bursa dan Istanbul .


Pulau Patmos

Pulau Patmos adalah sebuah pulau kecil di Laut Aegea. Pulau ini merupakan bagian dari Prefektur Dodecanese, Yunani. Luas wilayahnya 34,6 km² dengan populasi ±2.500 jiwa. Titik tertingginya ialah Profitis Ilias, 269 m di atas permukaan laut. Tempat ini terkenal sebagai lahirnya Kitab Wahyu yang ditulis Yohanes. Kitab Wahyu kepada Yohanes ini ditulis oleh Yohanes dari Patmos pada abad pertama Masehi di pulau Patmos. Pada masa itu umat Kristen disiksa dan dikejar-kejar karena kepercayaan mereka kepada Yesus Kristus sebagai Putra Tuhan.

Dengan menulis kitab ini sang penulis berharap ingin memberi semangat kepada para pembaca dan pendengarnya, dan juga untuk mendorong mereka supaya tetap percaya pada waktu disiksa dan dikejar-kejar. Sebahagian besar kitab Wahyu terdiri atas beberapa rangkaian wahyu dan penglihatan yang oleh orang-orang Kristen zaman itu artinya mudah dimengerti. Akan tetapi ini sulit dimengerti di kemudian hari karena dikemukakan memakai simbolisme yang rumit.

Amanat yang dikemukakan dalam kitab ini diulang-ulangi dalam bermacam-macam cara melalui berbagai-bagai rangkaian penglihatan. Meskipun terdapat banyak perbedaan pendapat mengenai interpretasi yang terperinci tentang isi kitab ini, namun intisari pokok pikirannya jelas, yaitu bahwa melalui Yesus Kristus, Tuhan akhirnya akan mengalahkan semua musuh-Nya, termasuk Iblis. Dan apabila kemenangan itu sudah tercapai, Allah akan memberikan sorga yang baru dan bumi yang baru sebagai hadiah kepada umat-Nya yang setia.


Yunani

Republik Hellenik (Elliniki Dimokratia), adalah sebuah negara tempat lahirnya budaya Dunia Barat yang berada di Eropa bagian selatan. Orang Yunani menyebut negara mereka Hellas, dan dalam lafaz modern disebut Ellas. Dalam bahasa sehari-hari bentuk Ellada dipakai. Nama Greece dalam bahasa Inggris dan bentuk-bentuk yang mirip dalam beberapa bahasa Eropa lainnya, diambil dari nama dalam bahasa Latin, Graecia, yang berasal dari sebuah daerah yang sekarang terletak di sebelah utara Yunani, dan dihuni oleh orang Graekos.

Sedangkan namanya dalam bahasa Indonesia, Yunani, berasal dari bahasa Arab, yang pada gilirannya mengambil dari nama Ionia. Ionia adalah pesisir barat negara yang sekarang disebut Turki.